Kanopi dapat membuat sebuah rumah menjadi lebih teduh dan sejuk. Fungsi utama kanopi adalah untuk melindung barang-barang berharga yang terletak dibagian depan rumah dari paparan sinar matahari maupun terpaan hujan.  Namun, fungsi tersebut sekarang telah bergeser. Tidak hanya sebagai pelindung, kanopi juga berfungsi untuk memperindah atau mempercantik exterior rumah, sehingga pemilihan rangka penyusun kanopi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Umumnya, orang-orang menggunakan kanopi berbahan kayu sebagai rangka atap rumah ataupun bagian garasi. Kanopi berbahan kayu ini memang terlihat cantik untuk exterior, namun mudah lapuk akibat cuaca dan serangan sayap. Bagi kamu yang ingin terhindar dari masalah tersebut, cobalah beralih ke kanopi baja ringan untuk rumah.

Kanopi baja ringan ini memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan kanopi berbahan kayu ataupun besi. Penasaran? Mari simak apa saja keunggulan kanopi baja ringan berikut ini!

  1. Pemasangan kanopi baja ringan cukup mudah

Pemasangan kanopi baja ringan ini cukup mudah karena hanya dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti kanopi besi yang harus dirakit menggunakan mesin las. Penggunaan kanopi baja ringan juga sangat cocok untuk kamu memiliki keterbatasan dana dan waktu pembangunan. Proses pemasangannya juga mudah dan cepat, kurang lebih sekitar 2 hingga 3 hari saja, sehingga menghemat dana untuk membayar para pekerja bangunan saat ingin membangun rumah.

 

  1. Kanopi baja ringan anti rayap

Tidak seperti kanopi kayu yang mudah diserang oleh rayap, kanopi baja ringan tidak akan mengalami serangan rayap karena materialnya tidak bisa dimakan oleh rayap. Dengan demikian, kanopi baja ringan akan awet dalam jangka waktu panjang dan tidak perlu repot mencari cara membasmi rayap.

 

  1. Kanopi baja ringan anti karat

Selain anti rayap, kanopi baja ringan ini juga anti karat. Sebelumnya kamu perlu mengetahui kalau besi dan baja itu berbeda. Jika besi bisa mengalami karat seiring berjalannya waktu, baja ringan tidak akan mengalami karat karena baja ringan sudah dilapisi dengan Galvalum, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc, dan alumunium zinc.Kanopi ini cocok untuk digunakan dibagian garasi yang terkena panas dan hujan. Kamu tidak perlu melakukan perawatan rutin seperti melapisi zat anti karat setiap saat.

 

  1. Kanopi baja tidak mengalami muai dan susut

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap perubahan cuaca. Disaat kanopi berbahan lainnya mengalami muai dan susut akibat perubahan cuaca, kanopi baja ringan akan bertahan dalam ukurannya. Tanpa proses pemuaian dan penyusutan, bentuk kanopi baja ringan tidak akan berubah dan mengurangi estetika serta keamanan.

 

  1. Kanopi baja ringan memiliki sifat non-combustible

Dilihat dari aspek keamanan, kanopi baja ini bisa jadi pertimbangan utama karena memiliki sifat non-combustible, artinya tidak bisa membesarkan api. Jadi, jika sewaktu-waktu rumah mangalami musibah kebakaran, kanopi baja ringan ini tidak membuat api semakin besar dan menjalar. Dibandingkan dengan kanopi berbahan kayu yang justru memperbesar api, tentu kanopi baja ringan ini lebih aman.

 

  1. Biaya yang dikeluarkan untuk kanopi baja ringan sangat terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk kanopi baja ringan secara keseluruhan pada saat mulai pembangunan hingga perawatan bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan  dengan kanopi bahan lainnya. Dilihat dari segi biaya pemasangan pun lebih murah, karena kanopi baja ringan membutuhkan sedikit waktu pemasangan dan mudah dipasang, harga dan bahan bakunya pun sudah jelas kalau kanopi baja ringan ini lebih murah dari bahan besi. Dari segi perawatan setelah pemasangan, kanopi baja ringan hampir tidak membutuhkan tambahan lapisan khusus. Kemungkinan rusaknya pun kecil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengganti dengan yang baru dalam waktu singkat.