Kanopi adalah suatu ruang atau bidang terbuka yang berfungsi sebagai tempat untuk mendapat perlindungan terutama dari sinar matahari dan hujan. Kanopi pada umumnya dibuat menyatu dengan bangunan, namun hal ini tidak bersifat mutlak karena kanopi juga bisa dibuat secara terpisah meski fungsinya tetap sama. Tetapi yang jelas kanopi tetap menjadi bagian dari seni arsitektur sehingga bisa dibuat dengan desain yang semenarik mungkin.

Bentuk dan struktur atap kanopi saat ini pun sudah sangat beragam. Seiring perkembangan desain dan penemuan sistem struktur maupun material baru, bentuk-bentuk baru pun mulai bermunculan. Pembuatan kanopi juga tidak terlepas dari penggunaan atap. Berikut beberapa jenis atap yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi:

  1. Kanopi membran

Sesuai namanya, kanopi membran merupakan jenis kanopi yang dibuat menggunakan besi membrane yang kemudian dilengkungkan dan dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk model tenda seperti yang diinginkan. Pada umumnya kanopi membran menggunakan bahan atau material besi hollow/ membrane/ pipa besi/ kawat sling baja dan juga kain membrane yang digunakan sebagai atap tenda. Kekuatan canopy membran dapat bertahan 10-30 tahun.

 

 

 

2. Kanopi spandek

Spandek adalah jenis baja ringan yang dipakai dalam konstruksi untuk atap modern yang anti karat dan memiliki desain serta warna yang menarik. Seringkali pemilihan spandek ini dikarenakan unsur estetikanya yang sangat kuat. Pemasangannya cocok untuk rumah-rumah dan bangunan di perkotaan karena mencerminkan gaya hidup modern pemiliknya.

 

 

  1. Kanopi polycarbonate 

Atap polycarbonate memiliki bentuk transparan sehingga bisa kamu fungsikan sebagai pengganti kaca. Selain itu, atap polycarbonate juga memiliki sederet kelebihan, salah satunya adalah harga jual yang sangat ekonomis. Material polycarbonate memiliki sifat transparan, ringan, tahan lama, serta tahan terhadap suhu ekstrim.

Atap polycarbonate menjadi salah satu material favorit yang difungsikan sebagai pengganti kaca.

 

  1. Kanopi alderon

Kanopi alderon adalah salah satu varian dari atap PVC yang tengah populer. Terbuat dari bahan dasar PVC, atap alderon termasuk mudah diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap alderon berbentuk gelombang. Tampilannya sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin cantik, terutama di desain rumah minimalis. Atap alderon memiliki beragam kelebihan yang membuatnya populer di kalangan masyarakat. Salah satu kelebihannya adalah atap alderon ini tidak akan membuat ruangan di bawahnya terasa panas. Hal ini dikarenakan sifatnya yang hemat energi dan nggak mudah menyerap panas.

 

  1. Kanopi avantguard

Avantguard adalah solusi atap generasi baru yang kuat dan sejuk untuk kebutuhan perumahan dan industri, menggunakan material berbahan dasar UPVC, AvantGuard melindungi 3x lebih efektif dibandingkan atap komersial lainnya. Memiliki 3 lapisan khusus yang saling terhubung. AvantGuard juga flexsible dapat di lengkungan tanpa perlu di roll. Sebagai atap/kanopi untuk perumahan, tidak keropos, tahan terhadap panas, anti lumut, dan meredam suara saat musim hujan. Dengan harga yang bersaing dan kualitas yang prima. Cocok untuk kanopi rumah minimalis maupun skala pabrikan, pengganti atap asbes,atap zincalume,atap seng.

 

  1. Kanopi kaca

Dengan menggunakan kanopi kaca, teras tidak sekedar terlindungi dari cuaca yang kurang bersahabat, tampilan teras pun terlihat semakin stylish dengan kesan clean look yang diperlihatkan transparansi kanopi kaca. Kala cuaca sedang bersahabat, segarnya suasana ruang terbuka pun semakin terasa saat bersantai di teras yang terlidungi oleh kanopi kaca.