Membuat pertahanan awal untuk menghalau pencuri di rumah dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya memasang teralis!

Namun, sebelum Anda memasang teralis rumah, Anda harus tahu apa itu teralis rumah. Teralis rumah adalah pagar tambahan yang terbuat dari logam besi untuk melindungi bagian jendela, pintu, atau ventilasi rumah Anda.

Pada awalnya, kemunculan pemasangan teralis untuk bagian tertentu pada property adalah untuk mencegah kejahatan. Seperti menyulitkan pencuri untuk masuk ke rumah. Namun seiring dengan berjalannya dunia property, pada akhirnya teralis memiliki fungsi yang lain.

Selain berfungsi untuk mencegah tindak kejahatan, fungsi lain dari pemasangan teralis adalah untuk menampilkan keindahan eksterior rumah. Orang-orang yang melihat bagian yang semula tidak terpasang teralis kemudian terpasang teralis akan melihat ada hal yang berbeda di bagian tersebut.

Tapi walaupun fungsi teralis adalah untuk keamanan dan keindahan eksterior rumah, bukan berarti desain dan cara pemasangannya diabaikan. Maka dari itu, untuk kamu yang hendak memasang teralis jendela, sebaiknya ketahui dulu cara memasang yang baik dan benar berikut ini!

  1. Pilih desain teralis jendela yang sesuai dengan interior rumah

Masih banyak orang yang asal memilih desain teralis. Yang penting, jendela terlindungi, dan maling susah masuk ke dalam rumah. Padahal, teralis jendela ada banyak sekali desain dan jenisnya. Dengan pemilihan desain yang tepat, nilai estetika rumah juga bisa bertambah. Misalnya hunianmu memiliki desain atau gaya minimalis, maka teralis dengan motif lurus sangatlah cocok dipakai untuk rumah anda. Teralis yang memiliki motif alur dan lekuk rumit tentu tidak akan cocok dipasang pada jendela rumah-rumah minimalis.

 

  1. Perhatikan jarak jeruji pada teralis jendela

Dengan tidak melupakan fungsi dari teralis untuk keamanan dan keindahan, maka Anda harus mengatur jaraknya. Atur agar jarak jeruji besi tidak terlalu longgar. Jika terlalu longgar, maka akan memudahkan orang untuk melewatinya.

Untuk keamanan, kamu bisa memilih teralis yang jarak antara satu besi dengan besi lainnya tak melebihi 30×30 cm. Jarak antara jeruji juga harus rapat, antara 10cm-20cm, tergantung dari ukuran kusen jendela. Hal ini wajib diperhatikan dengan seksama.

 

  1. Pasang baut didalam dan tersembunyi

Tidak menutup kemungkinan ketika ada penjahat yang sudah lihai untuk melakukan tindak kejahatan mengetahui cara membongkar teralis. Untuk itu, atur strategi dengan memasang baut dari arah dalam. Yaitu, baut terpasang dari bagian interior rumah. Namun sebaiknya baut yang terpasang tidak mudah terlihat begitu saja. Mintalah jasa pemasangan teralis agar dapat memasang baut yang tersembunyi. Sehingga tidak akan ada yang tahu dibagian mana baut teralis jendela terpasang.

Pastikan keberadaan teralis dapat berfungsi sebagai pelindung rumah dan juga dapat menampilkan kesan keindahan eksterior rumah secara tepat. Keberadaan teralis pada rumah tentu saja semakin diminati. Namun sekali lagi, jangan sampai Anda melupakan fungsi sebenarnya dari pemasangan teralis tersebut.