Carport atau kanopi sering diartikan sebagai garasi sementara. Dalam bahasa inggris, carport diartikan sebagai sebuah ruang tempat memarkir mobil. Umumnya carport atau kanopi berfungsi untuk melindungi bagian luar rumah dari panas dan hujan. Selain itu, fungsi lain dari carport adalah sebagai ruang bermain anak, perpanjangan teras, ataupun perpanjangan dari ruang tamu.  Jika dulu fungsi carport hanya untuk melindungi, kini carport juga berfungsi sebagai penambah unsur nilai estetika.

Namun, kanopi seringkali lepas dari pandangan dan perhatian pemilik rumah untuk melakukan pembersihan dan perawatan berkala. Padahal perawatan dan pembersihan secara rutin ini diperlukan, selain untuk menjaga keawetan kanopi juga agar lumut tidak merambat ke jendela atau tembok yang menyebabkan tembok menjadi lembab dan catnya terkelupas.

Karena penggunaan kanopi bersifat jangka panjang, tentu saja membutuhkan perawatan yang lebih. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara merawat kanopi yang baik dan benar. Berikut tips merawat kanopi agar selalu awet dan bersih :

  1. Menyemprot dengan air

Perhatikan tingkat kekotoran pada kanopi, apalagi pada musim kemarau, pasti banyak debu-debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kanopi. Oleh karena itu, dengan menyemprotkan air pada permukaan kanopi menjadi salah satu cara yang paling tepat. Debu juga sering menempel pada pemukaan rangka/cat, ini bisa di bersihkan dengan cara dilap kain. Dan jika disekitar rumah tinggal anda banyak pohon, bersihkan terutama pada saluran talang canopy, supaya tidak menyumbat jalanya air. Hal ini dilakukan agar kanopi tetap bersih dan awet.

 

  1. Perhatikan permukaan kanopi

Ketika permukaan kanopi anda rusak, lem atau sealant silicone adalah cara alternatif yang biasa digunakan. Namun dalam jangka waktu yang panjang, tentunya lem ini akan mengalami pengeringan. Sehingga untuk perawatan yang sesuai ada baiknya untuk melakukan pengeleman ulang pada permukaan tersebut, apalagi jika sudah ada tanda-tanda bocor. Karena kalau terjadi kebocoran maka akan menyebabkan karat.

 

  1. Lakukan pengecetan secara berkala

Jika permukaan kanopi anda sudah mulai pudar dan berubah warna, lakukanlah pengecetan ulang dengan menggunakan cat sincromate, epoxy, cat warna, lalu cat fernis/anti uv/anti gores dan lain sebagainya. Kemudian, ampelas pada permukaan rangka besinya. Pengecatan secara berkala pada rangka kanopi juga untuk mencegah terjadinya karat.

 

  1. Lakukan pengecekan secara rutin

Lakukanlah pengecekan secara rutin pada kanopi anda. Sehingga anda tau apa saja yang salah dan apa yang harus diperbaiki pada kanopi rumah anda. Dengan begitu anda dapat mengambil tindakan cepat untuk melakukan perawatan agar kanopi anda lebih awet dan dapat bertahan lama.